Besi Hollow Galvanis Kegunaan, Ukuran, dan Harga Terbaru

Sedang mencari besi yang cocok untuk rangka atau kanopi bangunan? Anda bisa mempertimbangkan besi hollow galvanis di toko terpercaya yang jual besi hollow galvanis.

Rangka bangunan merupakan bagian vital dalam sebuah konstruksi. Ibarat tubuh manusia, rangka adalah tulang atau kerangka utama yang menyangga tubuh, sehingga tubuh bisa berdiri tegak.

Rangka menahan beban sebagian besar bagian bangunan, mulai dari dinding, atap, balok, sloof, hingga kuda-kuda. Selain itu, rangka juga berperan menjaga kestabilan bangunan agar tetap tegak, tidak bergeser, atau roboh.





Oleh karena itu, Anda perlu memilih jenis besi yang kuat, tidak mudah terkena karat atau keropos, dan tahan lama untuk rangka bangunan. Nah, besi hollow galvanis dirancang dengan spesifikasi yang cocok untuk rangka utama bangunan.

Lalu apa saja kelebihan hollow galvanis dan kegunaannya? Cari tahu selengkapnya di artikel berikut ini.


Besi Hollow Galvanis Itu Apa?

Besi hollow galvanis merupakan pipa besi berongga yang melalui proses galvanisasi. Besi hollow dibersihkan terlebih dahulu, kemudian dicelupkan ke dalam cairan 97% zinc dengan tambahan aluminium dan zat kimia lain.

Setelah besi kering, akan terbentuk lapisan zinc pada permukaannya. Adanya lapisan tersebut membuat besi hollow lebih tahan terhadap korosi dan oksidasi. 

Namun, meksi sudah dilapisi dengan cairan zinc dan anti karat, bukan berarti besi hollow galvanis sepenuhnya kebal terhadap korosi. Lapisan zinc hanya memperlambat proses korosi atau anoda pengorbanan.

Ketika besi terpapar hujan dan cuaca yang sangat lama, lapisan zinc yang akan bereaksi lebih dulu dengan oksigen di udara. Dengan begitu, besi lebih terlindungi dan tidak mudah berubah bentuk atau strukturnya.

Kegunaan Besi Hollow Galvanis

Dari penjelasan di atas, tidak heran jika besi hollow galvains banyak dipilih oleh para kontraktor bangunan untuk kebutuhan proyek luar ruangan. Lebih lanjut, berikut kegunaan besi hollow galvanis:

  1. Rangka Atap

Besi hollow galvanis memiliki bobot yang ringan, kuat, dan tahan korosi, sehingga ideal untuk rangka atap, mengurangi beban pada struktur bangunan.

  1. Rangka Dinding

Selain tahan karat, besi hollow galvanis juga bersifat fleksibel dan mudah dibentuk, sehingga cocok dibuat untuk dinding partisi dengan berbagai desain dan ukuran.

  1. Balok dan Kolom

Kekuatan dan kesolidan besi hollow galvanis sangat mendukung untuk digunakan sebagai balok dan kolom untuk bangunan yang tidak membutuhkan beban ekstrem.

  1. Pagar dan Teralis

Sifatnya yang tahan karat, mudah dibentuk, dan tahan lama membuat besi hollow galvanis juga banyak dijadikan sebagai pagar dan teralis.

Lebih luas, besi hollow galvanis juga digunakan di industri lain seperti rangka kandang ternak, rangka gudang alat pertanian, penyangga tanaman atau struktur rumah kaca, tiang listrik, hingga struktur penunjang panel surya.


Ukuran Besi Hollow Galvanis

Berikut beberapa ukuran besi hollow galvanis yang tersedia di pasaran dan kegunaannya:

  • Ukuran 15x15x0.8mm: Sering digunakan untuk rangka ringan, seperti rak atau partisi.

  • Ukuran 25x25x1mm: Cocok untuk rangka atap dengan bentang yang tidak terlalu panjang.

  • Ukuran 20x40x1.2mm: Sering digunakan untuk rangka pintu, jendela, atau kanopi.

  • Ukuran 40x40x1.5mm: Cocok untuk rangka atap dengan bentang yang panjang atau struktur yang membutuhkan kekuatan ekstra.


Harga Besi Hollow Galvanis Terbaru 2024

Nah, Anda pasti bertanya-tanya berapa harga besi hollow galvanis per batang?

  • Ukuran 20x40x1mm per batang (6m): Rp84.000

  • Ukuran 25x25x1,4mm per batang (6m): Rp114.500

  • Ukuran 40x40x1mm per batang (6m): Rp370.000

  • Ukuran 20x40x1mm per batang (6m): Rp163.800

  • Ukuran 50x100x1,2mm per batang (6m): Rp285.000

  • Ukuran 75x75x2mm per batang (6m): Rp523.000

Untuk kebutuhan besi hollow galvanis dan material bangunan lainnya, Anda bisa mempercayakan pada pusatbajabeton.com. Perusahaan tersebut menyediakan kebutuhan konstruksi bangunan yang lengkap dengan harga terjangkau dan pengiriman yang aman ke seluruh wilayah di Indonesia.