Prodi Manajemen Unmuh Gresik Adakan Kunjungan Industri ke Yogyakarta

Yogyakarta baru saja menjadi tuan rumah bagi 140 mahasiswa Prodi Manajemen Unmuh Gresik yang mengikuti Kunjungan Industri (KI) selama dua hari. Didampingi oleh dosen dan jajaran kaprodi, kunjungan ini bertujuan memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa tentang penerapan teori manajemen di dunia nyata.



Kegiatan ini merupakan bagian rutin dari program studi di Unmuh Gresik, dirancang untuk menjembatani teori dan praktik dalam lingkungan industri nyata. Kali ini, mahasiswa manajemen berkesempatan mengunjungi dua perusahaan di Yogyakarta: Pabrik Gula Madukismo dan PT Bakpia Satu Hati.

Abi Hanif Dzulquarnain, Ketua Laboratorium Prodi Manajemen sekaligus ketua pelaksana kegiatan, menjelaskan bahwa KI kali ini menitikberatkan pada implementasi teori dari empat konsentrasi dalam prodi, yaitu manajemen operasional, keuangan, MSDM, dan pemasaran. “Kami ingin mahasiswa melihat langsung bagaimana teori yang mereka pelajari diterapkan dalam operasional perusahaan,” ujar Abi.

Ketua Prodi Manajemen, Elok Vilantika, menambahkan bahwa pengalaman langsung ini sangat penting. “Mahasiswa jadi bisa memahami bahwa ilmu manajemen tidak hanya sebatas teori. Banyak situasi di lapangan yang membutuhkan improvisasi dan penanganan insidental, yang jarang ditemukan dalam pembelajaran di kelas,” katanya.

Selain kunjungan ke perusahaan, kegiatan ini juga diisi dengan wisata ke beberapa destinasi populer di Yogyakarta seperti Malioboro, Gunung Kidul, dan wisata Gunung Merapi. Antusiasme mahasiswa sangat tinggi, terlihat dari partisipasi aktif mereka selama kunjungan berlangsung.

Program Kunjungan Industri ini membuktikan komitmen Prodi Manajemen Unmuh Gresik dalam memberikan pendidikan yang holistik, menggabungkan teori dan praktik. Harapannya, mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan dan wawasan yang lebih luas tentang dunia kerja, serta mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk tantangan di masa depan. (Humas UMG). tertarik ingin menjadi bagian dari Kampus Di gresik? yuk bergabung dalam program Milenial Berprestasi